Buku Standar
Akreditasi Rumah Sakit Terbaru- Versi JCI
Edisi keempat Joint Commission International Accreditation
Standards for Hospitals memuat seluruh standar,tujuan, unsur-unsur standar yang
dapat diukur, kebijakan, kebijakan akreditasi dan prosedur, serta daftar
istilah. Pendahuluan ini dimaksudkan untuk memaparkan topik-topik berikut:
• Manfaat akreditasi
• Joint CommissionInternational (JCI) dan hubungannya dengan The
Joint Commission (USA)
• Inisiatif akreditasi internasional dari JCI
• Asal-usul standar dan bagaimana mengorganisasikannya
• Cara menggunakan panduan standar
• Apa yang baru dalam panduan edisi keempat
Apakah akreditasi?
Akreditasi adalah proses di mana suatu lembaga, yang terpisah
dan berbeda dari organisasi pelayanan kesehatan, biasanya non pemerintah,
melakukan penilaian terhadap suatu tempat pelayanan kesehatan. Tujuannya
untuk menentukan apakah organisasi tersebut telah memenuhi seperangkat
persyaratan (standar) yang dirancang untuk memperbaiki keselamatan dan kualitas
pelayanan.
Akreditasi biasanya bersifat sukarela. Akreditasi standar
biasanya diyakini sebagai sesuatu yang optimal dan dapat dicapai. Akreditasi
menunjukkan komitmen nyata sebuah organisasi pelayanan kesehatan untuk
meningkatkan keselamatan dan kualitas perawatan pasien, memastikan bahwa suatu
lingkungan perawatan itu aman, dan terus berupaya untuk mengurangi risiko bagi
para pasien dan petugas kesehatan. Seluruh dunia telah memandang perlunya
akreditasi sebagai cara efektif untuk mengevaluasi
mutu suatu usaha pelayanan
kesehatan, yang sekaligus juga berperan sebagai sarana manajemen.
Apa manfaat
akreditasi?
Proses akreditasi
dirancang untuk menciptakan budaya keselamatan dan budaya kualitas dalam suatu
organisasi pelayanan kesehatan, sehingga organisasi itu akan senantiasa
berusaha meningkatkan mutu proses perawatannya.Dengan demikian, organisasi
tersebut dapat:
· meningkatkan kepercayaan masyarakat bahwa
organisasi itu menitikberatkan sasarannya pada keselamatan pasien dan kualitas
perawatan yang diberikan;
• menyediakan lingkungan kerja yang aman dan
efisien sehingga karyawannya merasa puas;
· bernegosiasi dengan sumberdaya pendanaan yang
akan menanggung biaya perawatan berdasarkan data kualitas perawatan yang
disediakannya;
· mendengarkan pasien dan keluarga mereka,
menghormati hak-hak mereka,dan melibatkan mereka sebagai mitra dalam proses
perawatan;
· menciptakan budaya mau belajar dari
laporan-laporan kasus efek samping yang dicatat berdasarkan waktu kejadian dan hal-hal
lain terkait keselamatan.
· membangun kepemimpinan yang mengutamakan
kerjasama. Kepemimpinan ini menetapkan prioritas untuk dan demi terciptanya
kepemimpinan berkelanjutan untuk meraih kualitas dan keselamatan pasien di
segala tingkatan.
Apa hubungan JCI
dengan The Joint Commission?
JCI adalah versi internasional dari The Joint Commission (USA);
Misi JCI adalah memperbaiki kualitas dan keamanan pelayanan kesehatan di
masyarakat internasional. Selama lebih dari 75 tahun, The Joint Commission
(USA) dan organisasi pendahulunya didedikasikan untuk meningkatkan kualitas dan
keamanan pelayanan kesehatan. Kini The Joint Commission (USA) merupakan pemberi
akreditasi terbesar di Amerika Serikat di bidang organisasi pelayanan
kesehatan; lembaga ini menyurvei hampir 16.000 program layanan kesehatan
melalui proses akreditasi sukarela. Baik The Joint Commission (USA)
maupun JCI bersifat nonpemerintah, dan merupakan perusahaan
nirlaba di Amerika Serikat.
Apa maksud dan tujuan inisiatif akreditasi JCI?
Akreditasi JCI adalah berbagai inisiatif yang dirancang untuk
menanggapi meningkatnya kebutuhan seluruh dunia akan sebuah sistem evaluasi
berbasis standar di bidang perawatan kesehatan. Tujuannya adalah untuk
menawarkan kepada masyarakat internasional proses objektif untuk mengevaluasi
organisasi pelayanan kesehatan yang berbasis standar. Dengan demikian
diharapkan program ini akan menstimulasi perbaikan yang berkelanjutan dan
terus-menerus dalam organisasi-organisasi pelayanan kesehatan lewat penerapan
standar standar
konsensus internasional, Sasaran Internasional Keselamatan
Pasien (International Patient Safety Goals),
didukung oleh pengukuran datasebagai tambahan untuk standar bagi
rumah sakit yang terdapat di edisi keempat ini, JCI juga telah mengembangkan
standar dan program akreditasi sebagai berikut:
· Rawat Jalan (Ambulatory Care)
· Laboratorium Klinik (Clinical Laboratories)
· Pusat Pelayanan Primer (Primary Care Center)
· Perawatan Berkelanjutan (The CareContinuum; perawatan
di rumah, hidup dengan dibantu, perawatan jangka panjang, perawatan di rumah
sakit hingga ajal menjemput)
· Pelayanan Transportasi Medik (Medical
Transport Organization)
JCI juga menawarkan sertifikasi program perawatan klinis,
seperti program untuk perawatan stroke, perawatan jantung, atau penggantian
sendi. Program akreditasi JCI didasarkan pada kerangka kerja standar
internasional yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal.
Semua akreditasi JCI dan program sertifikasi bercirikan sebagai berikut:
· Standar konsensus internasional, dikembangkan
dan dikelola oleh sebuah badan internasional, dan disetujui Dewan
internasional, yang merupakan dasar program akreditasi.
· Filosofi yang mendasari standar didasarkan
pada prinsip manajemen bermutu yang terus-menerus diperbaik mutunya.
· Proses akreditasi ini dirancang untuk
mengakomodasi faktor hukum, agama, dan/atau faktor budaya di sebuah negara
tertentu. Meski standar yang diterapkan bersifat seragam demi harapan tinggi
untuk keselamatan dan kualitas perawatan pasien, proses akreditasi juga
mempertimbangkan sejauh mana kondisi khas negara tertentu dapat memenuhi
harapan tinggi tersebut.
· Tim survei lapangan dan penentuan agenda
survei akan bervariasi tergantung pada besar-kecilnya organisasi pelayanan
kesehatan dan jenis layanan yang diberikan. Sebagai contoh, sebuah rumahsakit
yang memiliki berbagai spesilis yang cukup banyak mungkin memerlukan survei
empat atau lima hari oleh dokter, perawat, dan administrator, sementara rumah
sakit dengan 50 tempat tidur dan spesialisasi di satu bidang mungkin hanya
memerlukan survei lebih pendek dengan tim yang lebih kecil.
· Akreditasi JCI ini dirancang agar absah, dapat
dipercaya, dan objektif. Berdasarkan analisis hasil survei, keputusan
akreditasi akhir dibuat oleh komite akreditasi internasional.
mohon dikirim versi lengkap ke sugapnurse@gmail.com
BalasHapusterimakasih