Rabu, 01 Mei 2013

PERHITUNGAN TENAGA BERDASARKAN BEBAN KERJA DI RUMAH SAKIT ATMA JAYA



TINJAUAN PERHITUNGAN TENAGA BERDASARKAN BEBAN KERJA DI RUMAH SAKIT ATMA JAYA 



BAB I
PENDAHULUAN

A.          Latar Belakang
Rumah sakit merupakan bagian dari kehidupan perwujudan dari peningkatan derajat kesehatan. Salah satu dari kegiatan yang diadakan dalam proses pelayanan kesehatan sebagaimana yang dinyatakan dalam proses pelayanan kesehatan yang dinyatakan dalam Undang-Undang Kesehatan No. 36 tahun 2009 pasal 1 ayat 1 mengatakan bahwa:
“Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produtif secara sosial dan ekonomis”
Untuk mencapai tujuan tersebut berbagai upaya kesehatan dijalankan dengan pedoman kepada kebijaksanaan operasional yang diantaranya adalah pengembangan tenaga kesehatan. Pengembangan tenaga kesehatan bertujuan meningkatkan penyediaan jumlah, mutu tenaga kesehatan yang mampu mengemban tugas untuk mewujudkan perubahan, pertumbuhan dan pembaharuan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat.
Dengan ditetapkannya Undang – Undang Kesehatan Nomor 36 dan Undang – Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit maka rekam medis  menjadi salah  satu kewajiban pencatatan sebagai Informasi pasien yang harus diselenggarakan oleh rumah sakit dengan baik dan benar dan telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269/MENKES/PER/III/2008 tentang Rekam Medis.
Peran tenaga profesi juga tidak kalah pentingnya bagi menggerakan kegiatan organisasi dalam meningkatkan produktifitas dan menjamin mutu jasa sehingga dapat meningkatkan daya saing, dan melindungi konsumen dan masyarakat baik keselamatannya maupun kesehatannya.
            Pengadaan (producement) adalah fungsi operasional pertama MSDM (Manajement Sumber Daya Manuasia). Pengadaan karyawan merupakan masalah penting, sulit, dan kompleks karena untik mendapatkan dan menempatkan orang-orang yang kompeten, serasi, serta efektif tidaklah semudah membeli dan menempatkan mesin. Kualitas dan kuantitas karyawan harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan, supaya efektif dan efisien dalam menunjang tercapainya tujuan.1
                Rumah Sakit Atma Jaya adalah rumah sakit tipe C dan juga merupakan rumah sakit pendidikan tipe A, dengan kapasitas tempat tidur 112 buah, yang didirikan pada tanggal 9 Mei 1997. Yang berlokasi di kawasan Pluit Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara. Sebagai rumah sakit


1Drs.H.Malayu S.P.Hasibuan.Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi (Jakarta:Bumi Aksara,2007), hal 27

umum atau  rumah sakit wilayah, Rumah Sakit Atma Jaya menyelenggan sebuah Balkesmas yang mencangkup pelayanan usaha pokok dan pembinaan wilayah, serta bertanggung jawab perbaikan tingkat kesehatan masyarakat di kelurahan dan kecamatan, sehingga semakin bertambahnya jumlah pasien yang berobat.
Fasilitas pelayanan rawat jalan dan inap mulai dari pendaftaran, pendistribusian, pengolahan dan penyimpanan serta pelayanan asuransi dilakukan oleh staff Rekam Medis. Jumlah kunjungan rawat jalan umum rata-rata perhari 150 pasien.
Keadaan tenaga di bagian Rekam Medis saat ini sebanyak 10 orang, yang terdiri dari 1 orang Kepala Bagian, 1 staf pengolahan dan pengkodean, 5 staf penyimpanan dan peminjaman dan 3 staf administrasi UGD dan pasien rawat jalan . Sumber daya manusia di Unit Rekam Medis RS. Atma Jaya mayoritas berpendidikan SMA yaitu berjumlah 8 orang.
Masalah yang terjadi di Rumah Sakit Atma Jaya bahwa petugas merangkap pekerjaan sehingga terkadang tugas utama menumpuk. Perkerjaan sering tertunda bila ada petugas yang tidak masuk (izin, cuti, dll) dan ada beberapa pekerjaan yang tidak dilakukan. Hal ini menjadi hambatan dalam memberikan pelayanan kepada pasien, ini menjadi perhatian bagi penulis untuk melakukan penelitian.


B.           Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka pada penulisan Karya Tulis Ilmiah, penulis ingin melakukan tinjauan terhadap Kebutuhan Tenaga Berdasarkan Beban Kerja Unit Rekam Medis ?

C.          Tujuan Penelitian
1.                  Tujuan Umum
Mengetahui kebutuhan tenaga berdasarkan beban kerja di unit rekam medis.
2.                  Tujuan Khusus
a.                   Mengidentifikasi jenis kegiatan yang dilakukan di unit rekam medis.
b.                  Mengukur  lama waktu tiap kegiatan di unit rekam medis.
c.                   Mengidentifikasi beban kerja unit rekam medis.
d.                  Menghitung kebutuhan tenaga berdasarkan beban kerja unit rekam medis.

D.          Manfaat Penelitian
Hasil Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak, yakni :
1.                  Bagi Rumah Sakit
Dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan ketenagakerjaan dalam rangka menunjang peningkatan mutu penyelenggaraan rekam medis.
2.      Bagi Penulis
Dapat menerapkan teori yang penulis dapat dengan permasalahan yang penulis temukan sehingga dapat menambah wancana dan wawasan berfikir dalam melaksanakan tugas Rekam Medis.
3.      Bagi Institusi Pendidikan
Penulisan ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi penelitian dan bahan pertimbangan bagi mahasiswa D-III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan atau bagi pihak lainnya.

MAU YANG LEBIH LENGKAP ? MINTA KE EMAIL SAYA TULARSIHENDANG@GMAIL.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar